Fitur Baru yang Perlu Diketahui Pada iOS 11


Fitur Baru yang Perlu Diketahui Pada iOS 11

Apple telah mengambil sedikit ulasan dari iOS 11, versi berikutnya dari sistem operasi mobile yang memotori iPhone dan iPad, pada Worldwide Developers Conference ke 28 tahunan. Rilis iOS baru ini membawa banyak fitur baru, seperti transaksi peer-to-peer dengan Apple Pay, App Store yang didesain ulang, dan perbaikan pada kenyataan yang meningkat.

Beta publik tersedia sekarang dan versi final dijadwalkan untuk musim gugur. Apple menjatuhkan dukungan untuk semua produk dan aplikasi 32-bit dengan iOS 11, yang berarti perangkat sebelum beralih ke arsitektur 64-bit dengan iPhone 5S tidak akan lagi didukung. Itu termasuk iPhone 5c, serta iPad Mini asli.

Jika kamu seorang pengembang atau hanya tertarik untuk mencoba beta publik, Anda dapat mendownload iOS 11 dengan bantuan panduan praktis.

Berikut ini yang kami ketahui tentang pembaruannya pada iOS 11:

1.  Redesigned Control Center dan notifications

Control Center mendapatkan face-lift besar di iOS 11, dengan antarmuka baru yang lebih besar yang menampilkan lebih banyak tampilan, namun juga berisi setiap fungsi pada satu halaman. Anda tidak lagi perlu menggesek bolak-balik antara panel untuk mengakses semua setelan perangkat Anda, dan Anda akan dapat menggunakan Sentuhan 3D untuk menyelam ke opsi yang lebih dalam. Misalnya, sentuhan gaya pada musik yang sedang diputar akan memunculkan progress bar, begitu juga tombol skip dan jeda.

Pusat notifikasi serupa juga dirombak. Dengan menarik status bar sekarang akan mengarah ke antarmuka yang sama dengan yang Anda tampilkan di layar kunci Anda namun akan menunjukkan notifikasi Anda dengan yang tidak terbaru ke arah bawah. Dengan versi beta keempat, Anda bisa menghapus atau melihatnya dengan menggesek notifikasi ke kiri. Saat mengetuk tampilan, Anda akan menerima pemberitahuan lain yang meminta Anda menggunakan ID Sentuh atau kode sandi untuk membuka aplikasi tertentu. Jika Anda tidak ingin menggunakan opsi yang jelas atau lihat, Anda juga dapat membuka masing-masing dengan menggesek sepenuhnya ke kanan atau menghapusnya dengan menggesek sepenuhnya ke kiri.

2. Maksover Terbesar pada App Store


Di iOS 11, App Store akan mendapatkan desain ulang yang paling signifikan sejak diluncurkan hampir satu dekade yang lalu. Di bagian depannya adalah tab Today baru yang berfungsi sebagai halaman rumah toko. Ada juga tab Game, sehingga lebih mudah mengakses kategori App Store yang paling populer. Sementara itu, Apple mengatakan telah secara dramatis mempersingkat waktu peninjauan aplikasi, yang pasti akan menyenangkan pengembang. Saat berada di tab Pembaruan, sekarang Anda dapat memeriksa yang terbaru ke aplikasi yang ada dengan menarik ke bawah untuk menyegarkannya. Anda dapat membaca lebih lanjut tentang penyempurnaan App Store di sini.

3. Akses lebih Lewat Settings App

Di bawah aplikasi Settings di bagian General di versi beta keempat, Anda dapat menekan "Abouts" untuk melihat jumlah total penyimpanan yang dimiliki perangkat daripada jumlah yang tersedia, sistem operasi. Ada juga bagian khusus untuk AirDrop - yang sebelumnya hanya dapat Anda akses dari Control Center - untuk beralih antara disetel ke semua orang atau kontak saja. Anda juga akan melihat ikon kunci di bawah Accounts & Passwords adalah vertikal, bukan horizontal.


5. Screen Sharing dan Record Tools

Dengan iOS 11, Apple berniat untuk merampingkan proses berbagi-gambar, dan juga memberi pengguna kemampuan untuk merekam layar mereka. Beta ketiga mencantumkan fitur penyiaran baru untuk menyertai perekaman layar, namun beta keempat tidak lagi menyertakan fitur ini. Namun, ikon perekaman layar sekarang termasuk hitungan mundur sebelum mulai merekam saat berada di pusat kontrol.

Sementara itu, screenshot telah menerima perbaikan besar-besaran. Sebelum iOS 11, berbagi tangkapan layar dari iPhone atau iPad adalah tugas Sisyphean. Tapi itu sudah jauh lebih mudah.

Sebelumnya, tangkapan layar disimpan ke gulungan kamera Anda. Tapi ketika Anda mengambil screenshot di iOS 11, Anda mendapatkan thumbnail singkat dari gambar yang baru Anda ambil. Anda mengetuk dan menahannya, Anda dapat membagikannya ke aplikasi lain, atau menambahkan anotasi ke dalamnya dengan mengetikkan keyboard. (Jika Anda lupa mengetuk tangkapan layar, iOS 11 akan secara otomatis menyimpannya ke gulungan kamera.)

Apple juga memungkinkan pengelompokan screenshot di antarmuka thumbnail. Anda dapat memilih beberapa tangkapan layar dengan mengetuk dan menyeretnya dengan jari dan memindahkannya ke aplikasi atau membaginya.

6. Apple Music mendapatkan profil pengguna dan Play List

Apple Music menawarkan banyak hal yang dapat dilakukan oleh pesaing Spotify, namun masih kehilangan dua fitur populer: Berbagi daftar putar dan dapat melihat apa yang teman Anda dengarkan. Itu terlihat berubah dengan update berikutnya.

Dimulai dengan iOS 11, pelanggan Apple Music akan dapat membuat profil yang diikuti orang lain. Saat melakukannya, mereka akan melihat aktivitas masing-masing di laman landas di dalam aplikasi. 

Berbagi daftar putar adalah tambahan besar lainnya, dan seperti halnya di Spotify, pengguna akan dapat menetapkan daftar putar mereka sebagai pribadi atau publik. Apple Music juga akan lebih baik berintegrasi dengan Siri, jadi pengguna bisa meminta asisten digital untuk memainkan sesuatu yang mereka sukai, dan ini akan merespons dengan saran cerdas berdasarkan artis yang baru bermain dan kebiasaan mendengarkan saat ini.



Tags: , , , , ,