Cara Membuat Ringtone iPhone dengan iTunes


Cara Membuat Ringtone iPhone dengan iTunes

Cara Membuat Ringtone iPhone dengan iTunes

Bagi banyak orang, nada dering adalah ekspresi dari diri mereka sendiri. Ketika datang ke nada dering iPhone, Chimes dan Ripple hanya akan membuat Anda sejauh ini. Pengguna iPhone yang cerdas membutuhkan nada dering yang cocok untuk mereka, dan pilihan apa yang lebih baik daripada lagu yang mereka sukai? Setelah semua, iTunes membuat daftar putar dari lagu favorit Anda, jadi masuk akal untuk menggunakan satu sebagai nada dering Anda. Tentu saja, tidak ada yang ingin membayar nada dering, dan meskipun ada beberapa aplikasi yang menawarkan untuk membantu Anda membuat nada dering, yang mungkin tidak diketahui oleh banyak orang adalah Anda dapat melakukannya dengan iTunes daripada harus menggunakan GarageBand.

 Langkah 1: Buka dan perbarui iTunes


Untuk memulai, luncurkan iTunes di Windows atau MacOS dan pastikan Anda menggunakan versi iTunes terbaru sebelum melanjutkan. Untuk melakukannya menggunakan MacOS - High Sierra atau sebaliknya - klik iTunes di toolbar aplikasi dan pilih Periksa Pembaruan dari menu drop-down yang dihasilkan. Jika Anda menggunakan Windows 10 versi terbaru, klik opsi Bantuan di bilah menu di bawah tombol pemutaran, dan pilih Periksa Pembaruan di dekat bagian bawah daftar tarik-turun yang dihasilkan.

Langkah 2: Pilih lagu


Selanjutnya, pilih lagu yang ingin Anda gunakan untuk nada dering iPhone Anda yang baru. Ingatlah bahwa nada dering iPhone terus berjalan dalam 30 detik (atau kurang) loop, jadi jangan pilih sesuatu yang nantinya akan Anda sesali. Setelah Anda memilih lagu yang sesuai, hafalkan atau catat waktu mulai dan berhenti untuk bagian 30 detik yang diinginkan dari lagu yang ingin Anda gunakan sebagai nada dering Anda.

Langkah 3: Tambahkan waktu mulai dan berhenti


Salah satu fitur iTunes yang kurang terkenal adalah kemampuan perangkat lunak untuk "memotong" lagu dan video, yang memungkinkan Anda memilih waktu tertentu untuk memulai dan mengakhiri. Beginilah cara kami memilih sebagian lagu untuk digunakan sebagai nada dering. Pertama, klik kanan atau Ctrl-klik lagu yang Anda inginkan dan pilih Info Lagu dari daftar drop-down yang dihasilkan.

Kemudian klik tab Opsi di bagian atas jendela. Harus ada kolom untuk Mulai dan Berhenti. Masukkan waktu yang Anda inginkan. Ingat bahwa nada dering maksimal 30 detik, jadi tetap di atau di bawah panjang itu. Untuk tujuan kami, kami akan menggunakan segmen lagu dari 0:12 hingga 0:42. Setelah selesai, klik OK di bagian bawah.

Langkah 4: Buat versi AAC

AAC adalah format audio yang lebih suka digunakan oleh Apple untuk perangkatnya; pada dasarnya, ia mencapai kualitas suara yang sama dengan MP3 saat menggunakan ruang penyimpanan yang lebih sedikit. Versi terbaru dari iTunes memberi Anda pilihan untuk membuat versi AAC dari lagu apa pun yang Anda pilih, yang bagus ketika Anda perlu menghemat ruang hard drive dan membuat nada dering. Setelah Anda mengatur waktu mulai dan berhenti yang tepat, dengan versi singkat lagu yang dipilih, buka File> Konversi> Konversikan ke Versi AAC. Karena kami telah mengubah waktu mulai dan berhenti untuk lagu tersebut, membuat versi AAC akan membuat salinan bagian spesifik dari lagu tersebut. Salinan kemudian akan secara otomatis muncul di perpustakaan iTunes Anda, tepat di bawah lagu asli.


Langkah 5: Salin file dan hapus yang lama

Setelah dibuat, klik versi AAC dari lagu Anda dan seret ke desktop atau lokasi penyimpanan yang Anda inginkan. Ini akan menyalin file ke lokasi itu.

Pada titik ini, Anda mungkin tidak lagi membutuhkan lagu yang disingkat. Kecuali Anda ingin menyimpan cuplikan 30 detik untuk beberapa alasan, Anda sebaiknya menghapus file tersebut untuk menghilangkan kekacauan yang tidak perlu. Klik kanan atau Ctrl-klik file AAC di iTunes, dan pilih Delete from Library dari menu drop-down yang dihasilkan. Kemudian, klik tombol Hapus File, jika diminta.

MENGUBAH EKSTENSI DAN MENETAPKAN RINGTONE ANDA


Langkah 6: Ubah ekstensi


File AAC biasanya menggunakan ekstensi file “.m4a,” yang mungkin Anda perhatikan ketika Anda mengklik file AAC Anda. Untuk nada dering, bagaimanapun, iTunes menggunakan ".m4r" ekstensi, yang sama dengan .m4a tetapi dengan nama yang berbeda. Karena itu, kita perlu mengubah ekstensi dari .m4a ke .m4r agar dapat menggunakan klip ini sebagai nada dering. Arahkan ke desktop - atau di mana pun Anda menyimpan file - klik nama file, dan ubah ekstensi dari ".m4a" menjadi ".m4r." Klik tombol Use .m4r atau Yes di jendela yang dihasilkan untuk mengonfirmasi perubahan.

Saat Anda mengubah ekstensi, pastikan Anda tidak menggunakan tanda garis bawah “_” atau simbol lainnya, seperti tanda hubung, di nama file karena ini akan mencegahnya berfungsi.
Perhatikan bahwa beberapa pengguna Windows mungkin menemukan bahwa mereka tidak dapat mengubah ekstensi file, setidaknya secara default. Ini mungkin karena sistem mereka diatur untuk tidak menampilkan ekstensi file. Untuk mengubahnya, buka Control Panel dari menu Start - Anda juga dapat mencari aplikasi Control Panel di Windows 10 - dan pilih Appearance and Personalization.

Selanjutnya, klik Opsi File Explorer.

Setelah itu, klik tab Lihat, hapus centang pada kotak di samping Sembunyikan ekstensi untuk jenis file yang dikenal, dan klik tombol Terapkan di bagian bawah jendela. Sekarang Anda harus dapat melihat dan mengedit ekstensi file.

Langkah 7: Tambahkan file ke iPhone Anda


Untuk menambahkan file nada dering .m4r ke iPhone Anda, hubungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan kabel petir ke USB. Kemudian, pilih ikon iPhone di sudut kiri atas. Buka bagian Ringkasan dan gulir ke bawah ke Opsi. Centang kotak di samping Kelola musik dan video secara manual dan klik Terapkan.

Tags: , , , , , ,